Terimakasih telah Mampir ke Blog Q

Blog Nylla

Terimakasih telah menyempatkan diri untuk mampir ke blog Qu, tunggu hal yang terbaru lagi yea,,,,,,

Pengertian komputer


Definisi
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
  • Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  • Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    - menerima input
    - memproses input tadi sesuai dengan programnya
    - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
    - menyediakan output dalam bentuk informasi
  • Sedangan Fuori [3], berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.
Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa djamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Penggolongan Komputer
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan empat hal:
  1. data yang diolah,
  2.  penggunaan,
  3.  kapasitas/ukurannya,
  4.  dan generasinya.
1.  Berdasarkan Data Yang Diolah
  1. Komputer Analog
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid
2.  Berdasarkan Penggunannya
  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
3.  Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Kecil (Small Computer)
  4. Komputer Menengah (Medium Computer)
  5. Komputer Besar (Large Computer)
  6. Komputer Super (Super Computer)
4.  Berdasarkan Generasinya
  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  5. Komputer Generasi Kelima


KONSEP DASAR SISTEM KOMPUTER

1.1   SKEMA DASAR SISTEM KOMPUTER                          
DATA BUS
 
CONTROL BUS
 
CONTROL BUS
 
ADRESS BUS
 

Empat komponen pokok sistem komputer:
  1. Pemroses
  2. Memori Utama
  3. Perangkat masukan dan keluaran
  4. Interkoneksi antarkomponen

1.2    PEMROSES

Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data.  
Pemroses melakukan kerja dengan langkah sbb:
  1. Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama
  2. Men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana
  3. Melaksanakan proses-proses tersebut

Operasi-operasi pada pemroses dikategorikan menjadi:
  1. 1.    Operasi aritmetika
      Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb
  1. 2.    Operasi logika
      OR, AND, X-OR, inversi dsb
  1. 3.    Operasi pengendalian
      Operasi percabangan, lompat dsb

Pemroses terdiri dari tiga komponen, yaitu:
  1. 1.    CU (Control Unit)
      Berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan     sistem komputer
  1. 2.    ALU (Aritmetic Logic Unit)
      Berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika
  1. 3.    Register
      Merupakan memori yang sangat cepat yang berfungsi sebagai            tempat operan-operan dari operasi yang akan    dilakukan oleh             pemroses.


Register:
  • Lokasi memori yang sangat khusus terkonstruksi dari Flip-Flop
  • Didesain u/ menampung data, data tsb. dapat diakses dalam berbagai operasi dgn kecepatan tinggi.
    • U/ prosessor 8088/8086, 80188/80186, 80286 à register 16 bit
    • U/ prosessor 80386/80486/80586/Pentium à register 32 bit
    • Optional u/ general purpose register à not independent 8 bit registers u/ High Order Byte dan Low Order Byte

  • Jenis-Jenis Register:
    • General-purpose registers (data registers):
–      16 bit   : AX, BX, CX, DX
–      8 bit     : AH, AL, BH, BL, CH, CL, DH, DL
  • Segment registers : CS, DS, SS, ES
  • Index register: SI, DI, IP
  • Pointer register: IP, SP
  • Flags registers: Overflow, Direction, Interrupt, Trap, Sign, Zero, Auxiliary Carry, Parity, Carry
–      16 bit, tetapi hanya 9 bit yang digunakan
  • Register untuk alamat dan buffer
–      MAR (Memory Address register)
–      MBR (memory bufer register)
–      I/O AR (I/O Address Register)
–      I/O BR (I/O Buffer Register)
  • Register untuk eksekusi instruksi
–      PC (Program Counter)
–      IR (Instruction Register)

1.3 MEMORI

Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses, seperti tabel berikut ini:

Tercepat




Terlambat
Register
Chace memory
Main memory
Disk memory
Magnetic Disk
Magnetic Tape          Optical disk


1.4 PERANGKAT I/O

Perangkat masukan/keluaran digunakan sistem komputer untuk berinteraksi dengan lingkungan luar, baik ke pemakai ataupun lingkungan secara umum.
Perangkat masukan/keluaran terdiri dari dua bagian, yaitu:
  1. Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri
  2. Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.


1.5   INTERKONEKSI ANTARKOMPONEN

Disebut BUS dan interkoneksi ini berkaitan dengan tatacara hubungan antar komponen-komponen sistem komputer.
Bus terdiri dari tiga macam, yaitu:
  1. 1.    Bus alamat (address bus)
      Untuk memberikan alamat sumber atau tujuan transfer data dari memori atau port yang hendak diakses. Pada jalur ini CPU akan mengirim alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Bus alamat berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau     lebih.lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum system. Sebagai contoh bila CPU memepunyai address bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 (1MB).
  1. 2.    Bus data (data bus)
      Untuk membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port, disebut juga perpindahan data antar modul dalam system computer. Bus data berisi 8,16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Karena pada saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang akan di transfer pada suatu saat. Lebar data bus menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
  1. 3.    Bus kendali (control bus)
Control bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur parallel. CPU akan mengirim sinyal pada Control Bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory ataupun I/O Port. Selain itu dalam Contriol Bus ada Sinyal bus yang di kendali, yaitu antara lain:
  1. Memory Read                                     3.   I/O Read  
  2. Memory Write                                     4.   I/O Write

Sistem interkoneksi antarkomponen (Bus) yang populer antara lain: ISA, EISA, MCA, VESA, PCI dan AGP.

SISTEM/PROSES KERJA KOMPUTER

Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.

Dibawah ini sekilas tentang sistem kerja komputer (Gambar n' Penjelasn'nya)

- Gambar








Penjelasan Dari Gambar Diatas


1. Input Device

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer.
Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.
Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti, diantaranya ialah :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Touchpad
4. Light Pen
5. Joy Stick dan Games Paddle
6. Barcode
7. Scanner
8. Mikropon dan Headphone
9. Graphics Pads
10 CD/DVD Rom
11.Web Cam


2. Process Device
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ).
Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick.
Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt.
Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV.
Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook.
Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program. selengkapnya


3. Output Device

Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut.
1. Tulisan
2. Image
3. Suara4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker..

Data yang telah diproses menjadi bentuk yang berguna
Output device adalah segala macam komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada user

Dalam output Device terdapat pengertian display device yaitu:
Suatu peralatan Output yang dapat menyampaiakan informasi secara visual, kemudian informasi yang ditampilkan biasanya disebut dengan soft copy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar